Langsung ke konten utama

Cara KPR Rumah di BANK BTN

Tips dan Cara KPR Rumah di Bank BTN dengan Simulasinya

Cara KPR rumah di Bank BTN menjadi hal yang cukup penting dan dicari oleh masyarakat ketika akan melakukan KPR melalui Bank. Seperti yang diketahui, dalam melakukan kredit rumah, pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua metode, langsung ke pihak pengembang properti atau dengan melalui pihak Bank dan lembaga keuangan lainnya. KPR inilah yang diberlakukan oleh Bank.
Ketika Anda mengajukan kredit bahkan pinjaman, tentunya Anda tidak akan terbebas dari penghitungan biaya dan prosedur yang harus dijalani. Sama halnya dengan melakukan kredit rumah, tentu ada serangkaian langkah yang harus Anda lakukan. Lalu, bagaimana cara melakukan kredit rumah di bank, khususnya Bank BTN? Sebelum masuk pada caranya, sebaiknya simak terlebih dahulu apa saja yang harus disiapkan sebelum kredit rumah.


Persiapkan Keinginan dan Kebutuhan Hunian Anda
Sebelum melakukan kredit rumah, tentu hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan jenis rumah seperti apa yang Anda inginkan. Tak hanya yang diinginkan, lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan Anda. ketika Anda sudah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, selanjutnya adalah menghubungkannya dengan kesanggupan Anda. Anda bisa membuat kisaran harga yang Anda inginkan, baru memilih rumah yang sesuai dengan kisaran harga yang Anda sanggupi.

Pilih Penyedia Layanan KPR
Menentukan jenis rumah dan harga yang sesuai itu tidak sampai menyelesaikan semuanya. Setelah Anda tahu gambaran kasar rumah yang diinginkan bersamaan dengan kisaran harga yang Anda bisa, maka Anda tinggal mencari penyedia KPR yang sesuai. Misalnya saja Anda akan melakukan kredit rumah di Bank BTN, maka Anda pun harus mencari tahu lebih lanjut mengenai bank tersebut.
Beberapa hal yang harus Anda ketahui seperti lokasi bank yang bisa digunakan untuk Anda mengurus surat menyurat perihal KPR dan urusannya, hingga track record. Pada dasarnya, bank BTN ini tentu sudah diakui keberadaannya oleh lembaga nasional yang berwenang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan legalitasnya. Namun untuk perihal KPR, setidaknya Anda harus mencari informasi mendetil tentang prosedur KPR tersebut.

Pahami Istilah-istilah Berikut
Ketika Anda melakukan pinjaman atau kredit, tentunya akan banyak istilah yang muncul dan mungkin terdengar asing bagi Anda. untuk itu, penting sekali untuk Anda mengetahui beberapa istilah yang nantinya akan muncul ketika Anda melakukan KPR di bank. Istilah apa sajakah itu?

  • Jumlah Pinjaman
Ketika Anda melakukan kredit rumah, berarti Anda meminjam di bank. Jumlah pinjaman ini berarti jumlah harga yang nantinya akan Anda bayarkan dari harga jual rumah secara keseluruhan.

  • Tenor
Istilah ini merujuk pada kisaran waktu atau jangka waktu untuk Anda menyelesaikan semua pembayaran. Anda bisa menentukan jangka waktu ini sesuai keinginan Anda, sesuai dengan kemampuan Anda bisa melunasi biaya kredit yang ditawarkan.

  • Bunga
Tentu Anda tidak asing dengan bunga ini, bukan? namun, bunga ini bukanlah tanaman, melainkan persentase dari jumlah uang yang harus Anda bayar di mana uang ini dibebankan oleh penyedia KPR dalam hitungan tahun.

  • Estimasi Cicilan
Sedangkan istilah ini merupakan sebuah perkiraan yang akan menunjukan jumlah uang harus Anda bayar selama masa tenor. Jumlah ini gabungan dari harga rumah dan total bunga.

Cara KPR di Bank BTN
Setelah Anda melihat beberapa hal yang sebaiknya harus Anda perhatikan sebelum melakukan kredit rumah, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan kredit pemilikan rumah. Khususnya untuk bank BTN, berikut ini adalah cara KPR rumah di Bank BTN.

  • Tentukan Jenis Kredit
Cara KPR yang pertama adalah menentukan jenis kredit rumah Anda, apakah untuk KPR Subsidi, Platinum, dan sebagainya. Bahkan sebagai bank yang menjadi pelopor, BTN juga menawarkan jenis KPR murah yang dikenal dengan nama KPR BTN Mikro.

  • Perhatikan Syarat dan Ketentuan
Adapun beberapa ketentuan ketika mengajukan KPR di Bank BTN, yaitu:
  1. WNI berusia minimal 21 tahun/ sudah menikah, maksimal 65 tahun dan sudah bekerja minimal 1 tahun.
  2. Mempunyai asuransi (jiwa dan kebakaran) dengan syarat Banker Clause
  3. Menandatangani perjanjian kredit juga Akta Pembebanan Hak Tanggungan
  4. Pembayaran cicilan dengan auto debet dari rekening  Anda di bank BTN
  5. Menyiapkan beberapa kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti form kredit, fotokopi KTP, Kartu Keluarga, NPWP, slip gaji, dan berkas lainnya.
  6. Datang langsung ke bank BTN yang bersangkutan, hubungi pihak bank yang menangani proses KPR dan ikuti sesuai instruksinya.

  • Memerhatikan Keunggulan KPR BTN
Setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang cara KPR rumah di bank BTN selanjutnya Anda pun harus mengetahui bagaimana keunggulan melakukan KPR di bank ini. Ketika Anda melakukan kredit rumah di bank BTN, maka Anda akan mendapatkan suku bunga yang kompetitif dengan proses cepat juga mudah. Jangka waktu untuk cicilan pun lebih fleksibel bahkan bisa sampai 25 tahun lamanya sehingga tidak memberatkan. Selain bekerjasama dengan berbagai developer terkemuka, bank ini pun bekerjasama dengan beberapa unit asuransi jiwa, kebakaran dan sebagainya.

Lakukan Simulasi
Pada dasarnya, melakukan simulasi berarti melakukan kalkulasi atau penghitungan tentang biaya apa saja yang harus Anda bayarkan ketika melakukan KPR. Penghitungan ini bertujuan untuk membuat gambaran mengenai kisaran harga cicilan, sehingga Anda bisa melakukan persiapan terlebih dahulu. Melakukan simulasi pun bisa membuat Anda tahu perihal waktu yang dibutuhkan untuk melunasi pembayarannya, hingga hal-hal lain yang berhubungan dengan pembayaran.

Anda bisa melakukan simulasi ini terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda langsung mengajukan kredit kepada pihak bank. Di bank BTN sendiri, untuk melakukan simulasi kredit sangat mudah. bahkan bisa dilakukan secara online melalui gadget Anda yang terkoneksi dengan jaringan internet. Namun, sebelum Anda melakukan simulasi, tentunya Anda harus sudah tahu berapa harga rumah yang akan Anda kredit beserta bunganya.
Untuk melakukan simulasi KPR ini, maka Anda bisa langsung mengunjungi laman situs bank BTN. Nantinya Anda akan menemukan kategori halaman untuk melakukan simulasi KPR secara online. Di halaman tersebut, Anda akan dihadapkan pada beberapa istilah seperti harga properti, uang muka, jumlah bunga, tenor dan sebagainya. Anda tinggal masukkan data yang Anda inginkan atau data yang sudah Anda cari tahu sebelumnya.
Misalnya saja Anda akan melakukan kredit rumah dengan harga Rp. 350 juta, sedangkan suku bunganya sebesar 8 % dalam jangka waktu atau tenor selama 10 tahun dan uang muka Rp.70 juta. Anda tinggal klik “hitung”, nanti pun akan keluar hasil dari kalkulasi tersebut berupa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan dalam jangka waktu tersebut.
Pada dasarnya, mengajukan KPR kepada bank tidaklah sulit. setidaknya, Anda sudah memenuhi beberapa persyaratan yang menjadi ketentuan pemberlakukan kredit rumah tersebut. Jika semua ketentuan dan syarat sudah dipenuhi, tentu proses KPR pun jadi mudah dan cepat. Nah, itulah cara KPR rumah di Bank BTN beserta uraian lengkap tips dan simulasinya. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kredit Rumah KPR Bersubsidi

Cara Cerdas Memilih Kredit Rumah KPR Bersubsidi Dari Pemerintah Kredit rumah kpr bersubsidi,   apakah anda ingin sekali memilikinya? Jika iya, maka ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara memilih rumah KPR bersubsidi dari pemerintah ini. Di bawah ini adalah beberapa cara cerdas yang bisa anda lakukan dalam memilih rumah KPR bersubsidi. pilihlah hunian yang dekat dengan kantor tips pertama yang harus anda ketahui adalah memikirkan tentang jarak tempuhnya, seperti jarak tempuh dari sekolah maupun dari tempat kerja. Walaupun hal ini terkesan sepele, tetapi hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan penting yang harus dipikirkan dengan matang. Jangan sampai anda pindah ke rumah baru ternyata harus mengeluarkan biaya yang lebih besar sebagai ongkos pulang perginya. Bukan hanya itu saja, jangan sampai anda merasa stres di perjalanan dikarenakan jarak kantor dengan rumah yang terlalu jauh. Jangan terlalu mempercayai brosur Para developer perumahan tentunya akan menarik m

Perumahan Subsidi BandarJaya Terbanggi Besar Lampung Tengah

Perumahan Bersubsidi Pemerintah Di Bandar Jaya, Lampung Tengah Bandar Jaya adalah salah satu provinsi yang termasuk dalam Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah. Perumahan Subsidi Bandar Jaya ini diberikan dengan harga yang disesuaikan dengan penghasilan penduduknya seperti yang tertera di Undang - Undang pemerintahan pusat. https://www.satenengmojang.com/ Nah, Anda warga Bandar Jaya, Terbanggi Besar Lampung Tengah kini juga mempunyai kesempatan seperti daerah-daerah lainnya untuk mempunyai rumah dengan harga di bawah pasaran umum serta kemudahan dalam melakukan pembayaran atau pencicilan kredit rumah. Sekilas Mengenai Bandar Lampung dan Keindahannya Bandar Lampung, pada mulanya merupakan dua kota yaitu Tanjungkarang dan Teluk betung. Tanjungkarang yang berlokasi di di sebuah bukit sedangkan Telukbetung berlokasi di tepian pantai. Kedua kota tersebut kemudian menyatu menjadi kota baru dengan nama Bandar Lampung. Kota ini menjadi kota terbesar nomer 4 di S

Cara mengajukan kpr bersubsidi

Bagaimanakah Cara Mengajukan KPR Bersubsidi Hari ini kita akan membahas perihal  perumahan yang disubsidi pemerintah  atau  rumah bersubsidi dari pemerintah , atau sering disingkat sebagai KPR bersubsidi dari pemerintah yakni Kredit Pemilikan Rumah bersubsidi dari pemerintah, pada khususnya untuk  perumahan di Bandar Lampung  terutama mengenai  cara mengajukan KPR bersubsidi  dari pemerintah tersebut. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi pemohon supaya dapat memperoleh KPR bersubsidi dari pemerintah itu memang agak sedikit berbeda dari persyaratan pengajuan KPR non subsidi. Simak berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat memperoleh fasilitas KPR bersubsidi, yakni meliputi hal-hal tentang status kewarganegaraan pemohon, yakni harus sebagai WNI atau Warga Negara Indonesia dan juga bertinggal atau domisilinya adalah di Indonesia juga, termasuk tinggal di Bandarlampung juga bisa, lalu juga dipersyaratkan usianya sudah 21 tahun lebih atau status perkawinannya adal